Tips Menjaga Mobil Kamu Irit Bensin dan Terjaga Performanya

Mobil seperti Toyota Avanza dikenal mumpuni dalam mengolah bahan bakar sehingga begitu karena diakui irit bensin. Namun tidak serta-merta mobil ini jadi irit konsumsi BBM kalau kamu tidak paham cara memperlakukan mobil yang membuatnya tidak konsumtif dalam menenggak bahan bakar. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkendara supaya saat di jalan mobil bisa bekerja optimal dan tidak boros bensin.

Yang pertama adalah mobil kamu harus mengonsumsi bensin dengan nilai oktan BBM sesuai rekomendasi pabrikan. Kamu bisa mempelajarinya di buku manual atau berdiskusi dengan service advisor bengkel resmi Toyota saat menjalani servis berkala. Bahan bakar yang sesuai rekomendasi membuat mesin mobil dapat bekerja optimal dan menghasilkan tenaga yang pas di segala kondisi jalan.

Mobil tidak perlu bekerja keras dan rileks dalam mengonsumsi bahan bakar. Berikutnya yang masih sering terlupakan adalah mengecek tekanan angin ban minimal sebulan sekali. Ban yang tekanan anginnya sesuai rekomendasi pabrikan sanggup menyalurkan tenaga mesin dengan baik dan berujung pada penghematan konsumsi BBM.

Sejatinya mobil MPV seperti Toyota Calya dan Toyota Avanza memang untuk membawa muatan dalam jumlah besar, baik penumpang maupun barang. Tapi bukan berarti kamu bisa seenaknya mengisi kabin dengan orang dan barang melampaui batas berat yang direkomendasikan oleh pabrikan. Untuk lebih jelasnya mengenai beban muatan maksimal ada di buku manual.

Beban berlebih akan membuat mobil kamu bekerja lebih keras. Seperti mesin yang butuh tenaga besar untuk membuat mobil bergerak. Komponen lain seperti kaki-kaki, ban, kemudi, dan suspensi juga bekerja lebih keras agar mobil dapat bergerak dengan mulus. Ini bisa mereduksi usia pakai komponen-komponen tersebut.

Kota besar seperti Jakarta tidak pernah putus oleh kemacetan, namun ada waktu dimana kondisi jalan tidak seramai jam sibuk. Kamu bisa mempelajari jam sibuk di rute yang biasa ditempuh dan tinggal disesuaikan dengan aktivitas rutin yang dikerjakan setiap hari.

Keputusan mengatur waktu perjalanan juga membuat kamu tidak terburu-buru di jalan sehingga bisa berkendara dengan rileks dan wajar. Output-nya adalah konsumsi bensin yang moderat. Sejalan dengan mengatur waktu perjalanan, kamu bisa mencari rute alternatif yang lebih lancar dengan memanfaatkan aplikasi peta digital.

Sistem algoritma di aplikasi peta digital saat ini semakin baik dan akurat, sehingga bisa diandalkan. Dengan memotong waktu tempuh, maka kamu sudah menghemat konsumsi BBM. Dan yang tak kalah penting tentunya menjalani servis berkala mobil Toyota kesayangan di bengkel resmi Toyota.

Servis berkala membuat mobil kamu selalu terjaga kondisinya dan dapat bekerja secara optimal. Servis berkala mengecek kondisi mobil kamu dari potensi masalah yang bisa menyulitkan di kemudian hari, seperti mogok karena filter bensin kotor. Namun semua penjelasan teknis di atas tidak akan berguna bila kamu tidak bisa mengatur emosi di jalan.

Misal saat berjalan santai di jalan tol dan tiba-tiba dipotong mobil lain, dan emosi kamu langsung naik dan mengejar mobil tersebut. Pola berkendara seperti ini selain membuat konsumsi mobil jadi boros juga punya risiko kecelakaan dan perkelahian bila orang tersebut meladeni. Oleh sebab itu, kendalikan emosi sejak sebelum menyalakan mesin mobil dengan cara tenangkan diri dan fokus untuk mengemudi mobil. Usahakan untuk melepaskan beban masalah agar pikiran tidak bercabang.

Write a comment